Pages

Filosofi Huma Betang

"Huma Betang" adalah dalam bahasa Indonesia disebut "rumah yang Besar". rumah ini di tempati secara turun temurun, dipelihara dan tercipta iklim yang sejuk dalam kehidupan keluarga besar masyarakat Dayak yang hidup di Kalimantan Tengah.
       "Huma Betang" saat ini, tidak lain adalah wilayah daerah kalimantan Tengah yang bisa hidup apakah penduduk asli ataupun pendatang. dengan kerukunan yang kuat dan kekeluargaan.Dan dari arti Huma Betang ini Huma Betang juga mempunyai simbol – simbol kehidupan atau sering disebut Filosofis.filosofis Huma Betang ada 4 yaitu :

  •   KEJUJURAN 
Kejujuran adalah dalam kehidupan bersama diperlukan sikap saling percaya dan itu hanya terwujud apabila semua orang berlaku jujur terhadap diri dan orang lain di lingkungannya.
  •  KEBERSAMAAN \ 
Kebersamaan adalah hidup bersama menuntut adanya rasa kebersamaan yang tinggi , bersama dalam kerja , suka duka ,dan hidup dalam kebersamaan yang ditunjukan  dengan handep harubuh.
  •  KESETARAAN      
 KESETARAAN adalah semua warga memiliki dan kewajibannya masing-masing yang setara dalam menjalankan fungsinya dalam kehidupan bersama, tidak ada kasta dan kebangsawanan kecuali kemampuan kepemimpinan dan kebijaksanaanlah yang menjadikan seseorang menjadi pemimpin dalam betang.
  •  TAAT HUKUM (HUKUM NASIONAL)
ketaatan pada hukum dan norma adalah semua warga betang harus menaati hukum dan norma yang berlaku di betang, belom bahadat. Jika ada warga atau keluarga yang memiliki kepentingan dan kebutuhan pribadi yang harus dihormati, asalkan tidak melanggar aturan dan norma yang  berlaku bersama di antara mereka.

source: Google gambar 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

copyright © . all rights reserved. designed by Color and Code

grid layout coding by helpblogger.com